5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Mencoba Dental Spa

Pernahkah kamu mendengar dental spa? Istilah ini merupakan salah satu jenis perawatan gigi yang kini semakin populer dan digemari masyarakat. Dalam bentuknya yang paling sederhana, dental spa mengacu pada fasilitas perawatan gigi yang bertujuan untuk menawarkan lingkungan yang nyaman, santai, dan damai bagi para pasiennya.

Namun begitu, ternyata tak sedikit orang yang masih belum mengetahui mengenai prosedur perawatan gigi ini. Padahal, dental spa memberikan banyak manfaat terhadap kesehatan gigi dan mulut, lho. Lantas, apa sesungguhnya dental spa? Mengapa gigi dan membutuhkan perawatan ini, dan bagaimana prosedur dental spa berjalan? Mari kita ulas dengan lengkap melalui artikel berikut ini.

Pengertian Dental Spa

Dental spa memasukkan prinsip-prinsip dan suasana spa ke dalam prosedur perawatan gigi, sehingga dapat mengubah seluruh pengalaman dari kegugupan dan kekhawatiran menjadi ketenangan dan kenyamanan. Sejatinya, dental spa atau spa gigi merupakan salah salah satu metode perawatan gigi dan gusi secara menyeluruh. Fungsinya, yaitu untuk memelihara kesehatan gigi dan gusi, mencegah serta membersihkan karang gigi, pada gigi asli, gigi tiruan, termasuk implan gigi.

Lantas, mengapa metode perawatan gigi tersebut bisa semakin populer dan digemari? Sebab, tak jarang pasien yang merasakan kecemasan dan ketakutan untuk mengunjungi dokter gigi dan menghindari perawatan gigi rutin. Konsep dental spa yang umumnya menekankan pada sisi kebersihan dan keindahan dianggap dapat memanjakan dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pasien dokter gigi.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Dental Spa

Kenapa Gigi Butuh Dental Spa?

Dalam upaya untuk menciptakan model perawatan yang berpusat pada pasien, praktik-praktik kedokteran gigi menawarkan lingkungan yang santai dan menenangkan agar pasien merasa lebih nyaman ketika melakukan perawatan gigi. Tujuan dari dental spa adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri pasien dengan memiliki gigi yang sehat, bersih dan indah.

Selain itu, terdapat beberapa alasan mengapa gigi membutuhkan dental spa. Tujuannya tentu untuk pencegahan, pemeliharaan, dan perawatan kesehatan gigi. Prosedur ini meliputi proses membersihkan karang gigi dan menghilangkan noda pada gigi. Berikut ini 5 alasan mengapa kamu perlu mencoba dental spa sebagai metode perawatan gigi agar tetap bersih dan sehat.

1. Membersihkan Gigi Secara Menyeluruh

Dental spa dapat membantu membersihkan gigi dari kotoran sisa makanan, bakteri hingga kuman. Tak hanya itu, juga dapat membersihkan karang gigi yang kehadirannya kerap tidak disadari, sebab dental spa terdiri dari beberapa tahapan perawatan gigi yang dilakukan untuk memperoleh gigi bersih secara maksimal.

2. Menjaga Kesehatan Gigi

Kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting. Kebersihan mulut yang buruk dapat menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi. Tak heran, menjaga kesehatan gigi dan gusi adalah komitmen seumur hidup, seperti menyikat gigi, membersihkan gigi dengan benang gigi, dan membatasi asupan gula.

3. Mengurangi Risiko Enamel Gigi Terkikis

Banyak jenis makanan dan minuman yang dapat merusak enamel gigi, sebab rongga mulut mengumpulkan semua jenis bakteri, virus, dan jamur. Bakteri-bakteri tersebut dapat melarutkan enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Dental spa dapat membantu membuat gigi lebih kuat terhadap bakteri tersebut.

4. Mendeteksi Gigi Berlubang Sejak Dini

Menjalani prosedur dental spa dapat memberikan perawatan dasar gigi secara menyeluruh. Dokter gigi akan memeriksa terlebih dahulu dan mengamati permasalahan yang terdapat pada gigi, termasuk gigi berlubang. Oleh karena itu, risiko masalah kesehatan mulut akibat gigi berlubang dapat diminimalisir.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Gigi yang bersih dan sehat tentu dapat terpancar dan memberikan kesan estetika atau keindahan. Seseorang pun dapat merasa lebih percaya diri untuk tersenyum dan memamerkan keindahan gigi mereka.